Palang Merah Austria Menolak Donor Darah dari Muslim?

Islamedia – Jamaah Muslim di Linz, bermaksud menyelenggarakan  acara bermanfaat dengan kegiatan donor darah dari para anggotanya, namun  bank darah di wilayah Austria itu menolak sumbangan darah dari mereka. Ketika Palang Merah Linz mengadakan aksi donor darah pun, mereka mendapat penolakan. Seperti yang dikemukakan seorang dokter wanita kepada Die Welt, orang-orang yang berasal dari berlatar belakang Muslim maupun berasal dari Turki dilarang dengan alasan medis bahwa jumlah infeksi Hepatitis-B meningkat.

Banyak media di Austria menyoroti masalah ini. Mereka menduga hal ini sebagai tindakan rasis. “Tidak ada lagi pendonor dari warga keturunan Turki dan Muslim,” menurut laporan Jamaah Muslim Linz.

Jamaah di sana  memandang penolakan ini sebagai tindakan diskriminasi atas dasar asal dan  keturunan seseorang. Padahal, Muslim di Austria memang lahir dan dibesarkan di Austria. Mereka sudah percaya dan terikat dengan sistem kesehatan di sana. Oleh karena itu, anggapan yang dilontarkan dokter itu  keliru.


Permohonan Maaf dari Palang Merah Austria

Michael Opriesnig, wakil sekretaris Palang Merah Austria, pun menulis pernyataan di halaman beranda situs Palang Merah Austria. “Saya menyesalkan hal yang membuat jengkel ini, yang muncul akibat penolakan Bank Darah Linz terhadap donor darah sukarela. Saya minta maaf kepada semua pihak yang perasaannya tersakiti karena ini.” [welt/sry/islamedia]



@ssastuti

sumber Islamedia – Media Informasi Islami http://ift.tt/1c1x15M

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s