150 Aktivis Hadiri Mukhayyam Tarbawi ” Mengembalikan Peradaban Dakwah Kampus”

Islamedia FSLDK se Jawa Barat menggelar acara mukhayyam tarbawi  dengan jumlah peserta 150 aktivis Lembaga Dakwah Kampus (LDK) se-Jawa Barat. Peserta mengikuti acara mukhayyam tarbawi dengan sangat antusias. Jarak yang jauh tidak membuat ciut semangat mereka. 

Kegiatan tersebut digelar selama dua hari, Sabtu-Minggu, 15-16 Februari 2014 di kampus utama Ma’had Nurul Fikri Lembang. Dengan tema “Mengembalikan Peradaban Dakwah Kampus”. 
Dalam sambutannya Ustadz Muhammad Damiri M. Pd, Kepala Bidang Program Pendidikan Ma’had ‘Ali Nurul Fikri menyampaikan .“Kenapa kita harus mengangkat tema tersebut? Karena peradaban adalah sebuah narasi besar. oleh karenanya lembaga dakwah kampus harus hadir menjadi bagian dalam narasi besar itu. Maka daripada itu LDK nurul fikri melangkah bahkan berlari ingin bergabung dalam melakukan kontribusi.”
Lembaga Dakwah Kampus (LDK) Ma’had ‘Ali Nurul Fikri bekerjasama dengan PUSKOMDA Bandung Raya mengundang pemateri-pemateri yang handal. Pada acara tersebut juga hadir kang Edi ketua FSLDK Indonesia.
Ada lima pemateri yang menyampaikan topik berbeda. Satu diantaranya adalah native speaker syaikh Mahmood Salim. Seorang da’i dan juga profesional teacher yang berasal dari Mesir. 
Empat pemateri lainnya adalah Ust. Khazin Abu Faqih, Ust. Muhammad Damiri, Ust. Satria Hadi Lubis, Dan Ust. Suryadi Saputra. Para pemateri berhasil menggugah semangat para peserta dan menyadarkan kembali pentingnya mengembalikan peradaban dakwah kampus.
Dalam taujihnya Ust. Khazin Abu Faqih memberikan gambaran kepada para peserta tentang kaidah dakwah. Bagaimana langkah-langkah yang harus di tempuh para aktifis dakwah dalam menyampaikan risalah. Beliau memberikan arahan yang jelas tentang dakwah, dan menceritakan banyak pengalaman pribadinya selama menggeluti dunia dakwah.
Materi selanjutnya disampaikan oleh Ust. Muhammad Damiri. Beliau menjelaskan dengan gamblang sejarah berdirinya LDK. Bagaimana LDK memberi kontribusi besar pada peradaban dakwah kampus. LDK adalah satu wadah yang kemudian melahirkan KAMMI (Kesatuan Aksi Mahasiswa Muslim Indonesia). LDK dengan KAMMI adalah satu kesatuan yang tidak bisa dipisahkan. LDK adalah dapur kader sedang KAMMI adalah ujung tombak pergerakan yang mengkondisikan aksi-aksi mahasiswa.
Pada sesi ke tiga suasana ruangan dihisasi dengan tangis haru, sengguk tangis peserta menjadi back sound ceramah yang disampaikan oleh Ust. Satria Hadi Lubis. Pada sesi tersebut Ust. Satria Hadi Lubis menyampaikan materi tentang 10 muwashafat tarbiah dengan luarbiasa. Dia juga menghadirkan istrinya dan memberinya kesempatan untuk berbagi ilmu kepada peserta.  
Tiba pada sesi ke empat, dimana para peserta mendapatkan pencerahan dari Syaikh Mahmood Salim. Syaikh memberi tahu kan kepada para peserta tentang bagaimana akhir perjalanan dakwah ini. Dakwah ini akan berakhir dengan kemenangan. Kuncinya adalah bersatu padu. Kondisi ummat akan tetap dalam keadaan baik selama ada kelompok yang berjuang di jalan Allah.
Terakhir peserta dikejutkan dengan materi sejarah yang luar biasa. Materi ini diakui peserta sebagai materi yang jarang bahkan tidak pernah dikaji banyak kalangan termasuk oleh para mahasiswa. Judul “Peta Pembebasan.. ”  yang disampaikan Ust. Suryadi membuat penasaran seluruh peserta yang hadir. Durasi waktu dua jam tidak cukup untuk membahas “Peta Pembebasan..”. sesi ke lima berakhir pada pukul 22:00. Peserta sangat menyayangkan tidak tuntasnya materi tersebut, dan mereka meminta ada sesi lain yang diadakan khusus membahas “Peta Pembebasan..”.
Para peserta merasa sangat bahagia telah mengikuti acara ini. Hal ini bisa diketahui dari semua testimoni yang terkumpul:  “Subhanallah, acara mukhayyamnya menginspirasi dan membakar semangat untuk berada di jalan dakwah ini”…“Alhamdulillah, luar biasa, Allahu akbar. Semoga Allah memberi manfaat untuk dakwah yang kita jalani. Subhanallah, sungguh acara ini luar biasa. Banyak materi yang menggugah. Semangat kami bangkit kembali.”….“Masya Allah.. penuh dengan air mata dan tawa. Air mata dari tiap materi yang diberikan. Lebih membakar giroh untuk terus berjuang.
Acara yang penuh dengan kebermanfaatan.”….“Alhamdulillah luar biasa sekali bisa ikut acara ini, tidak sia-sia jauh-jauh datang kesini. Karena acara ini, saya mendapatkan materi dan pemateri yang luar biasa.”….“teteh-teteh, ana merasa senang banget dan betah disini, karena selain ana mendapatkan banyak ilmu dan pengalaman yang luar biasa, subhanallah sekali deh pokoknya, he-he. Berkat acara mukhayyam tarbawi ini pokoknya sangat membawa berkah. Doakan saya supaya bisa menjadi akhwat yang tangguh menjalankan dakwah ini. Amiin.”…“Alhamdulillah, subhanallah,,, luar biasa,,, Allahu Akbar…!! Enak, free, full fasilitas ^-^ jazakumullah. Tapi sayangnya ada materi sejarah peta pembebasan yang belum tuntas. Padahal materinya seruu bangett….!!!! TRIMS banyak…. semoga segala kebaikannya dibalas oleh Allah.” 
Acara ini juga menjadi ajang konsolidasi LDK se-Jawa Barat. Salah satu agenda pada acara ini adalah sharing antar LDK. Sharing para peserta dari wilayah Priangan Timur, Priangan Barat, Bandung Raya dan Cirebon. Setelah agenda acara yang menguras otak tuntas, para peserta bergegas mengikuti game demi game di arena out bond. Kemudian acara ini diakhiri dengan perpisahan suasananya sangat mengharukan. Bahkan tidak sedikit dari peserta yang meneteskan air mata sambil berpelukan.
Semoga acara mukhayyam tarbawi LDK se-Jawa Barat ini menjadi inspirasi dan penyemangat bagi teman teman aktifis dakwah kampus dimanapun berada.
Wallahu a’lam. 
KoorBid Syi’ar LDK Ma’had ‘Ali Nurul Fikri

sumber Islamedia – Media Informasi Islami http://ift.tt/1ePzFZd

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s