Step by Setep Bisnis BerTiga

Beberapa langkah yang bisa dilakukan, diantaranya: (Untuk memudahkan kali ini yang menjadi contoh adalah bisnis fashion)

1. Riset

Alangkah lebih baik bila sebelum memulai bisnis anda dan partner melakukan sedikit riset. Misalnya, melihat desain apa yang saat ini sedang digemari, kemudian bahan apa yang akan dipakai, berapa harga bahannya, konveksi mana yang mau dipakai, berapa ongkos jahit, dan jangan lupa prediksikan berapa modal untuk membuat sehelai baju. Informasi ini sangat penting untuk menentukan harga dan memperkirakan profit.

2. Pembagian Tugas

Setelah dilakukan riset, segera lakukan pembagian tugas. Dari yang bertanggung jawab dalam menentukan desain, memilih bahan, konveksi, serta siapa yang bertanggung jawab mengurus administrasi dan keuangan. Supaya lebih profesional, meskipun skala usaha masih kecil, biasakan untuk membuat perjanjian tertulis agar semuanya jelas dan dapat dipertanggungjawabkan. Membuat perjanjian ini adalah sebagai bentuk ketaatan kepada perintah Allah dan sunnah Rasulullah, yang Insya Allah akan membuat bisnis semakin berkah.

3. Mulai Berbisnis

Setelah pembagian tugas serta pembuatan surat perjanjian, saatnya action. Mulai dari menentukan budget untuk masing-masing bagian.

  • Untuk belanja bahan
  • Untuk konveksi
  • Untuk pengemasan, label nama dan lain-lain
  • Untuk keperluan mendadak

4. Berjualan

Menjajakan dagangan atau berjualan merupakan fase yang paling menentukan. Untuk awalan lebih baik tidak mempergunakan toko terlebih dahulu karena besarnya biaya sewa toko dan listrik yang harus dikeluarkan. Mulailah dengan berjualan secara langsung melalui komunitas-komunitas atau berjualan secara online.

5. Rapat Mingguan

Setiap minggunya, disarankan untuk mengadakan rapat dengan partner untuk mengevaluasi kekurangan dan kelebihan penjualan dalam minggu tersebut, mereview penjualan, menentukan target penjualan untuk minggu selanjutnya, mengalokasikan dana penjualan, dan sebagainya.

sumber PKS Kota Bandung http://ift.tt/2jIQEM0

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s